Apa Itu Blog???

Bismillahirrahmanirrahim....

Kawan-kawan sang pemimpi....

Postingan saya kali ini saya mau membahas tentang BLOG.
Sebenarnya waktu awal pembuatan blog saya ini saya pengen buat postingan tentang tutorial blogging. Hehehe.. tapi nyali saya ciut lantaran melihat banyaknya blogger yang mengambil tema ini, selain temanya sudah pasaran faktor lain adalah saya merasa ilmu saya tentang blogging masih sedikit.

Terus kenapa sekarang saya membahas tema ini?

Ya.... ujung-ujungnya untuk meningkatkan jumlah pengunjung di blogku ini, kalau postingannya tentang Dreamweaver peminatnya kurang banyak. So cari peruntungan lain lagi nih hehehe... mudah-mudan dengan membuat postingan tentang blog, traffic blog saya bisa meningkat.  Tapi bukan berarti tutorial tentang desain web akan saya hilangkan, masih tetap ada kok. Selain itu pengen bagi ilmu juga, udah beberapa bulan blogging lumayanlah udah dapat ilmunya, so... saya pengen share ke kalian.

Postingan saya ini, segmentasinya untuk orang-orang yang awam tentang blog, mau tahu tentang apa itu blog, dan Insya Allah di postingan berikutnya saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat blog, cara menambah widget, mengganti template, dsb (ASLI versi nunu sang pemimpi loh... ga pake copas - copy paste dari blog lain)

Bagi para blogger, mungkin postingan  ini sudah basi banget buat kalian. Wess.. ga apa-apa, klu mo nongkrong di blog saya dan baca postingan ini silahkan gan.... (ku suguhi kopi sekalian ya.. biar betah). ngasih saran juga boleh :D  

APA ITU BLOG ?

Blog itu adalah sejenis website/situs pribadi dimana setiap orang bisa menulis setiap catatan aktivitas hariannya, pengalamannya, ilmu yang di milikinya, berita-berita aktual, karya tulisnya, dsb yang bisa dibaca oleh seluruh penduduk di dunia maya ini, tentu saja dengan cara mengunjungi blog tersebut.
Kawan-kawan pengen tahu sejarah blog silahkan baca disini.

GRATIS KAH?

Yup, tentu saja gratis. Kalian tidak perlu membayar sepeser pun untuk membuat blog dan mengelolanya.
contoh layanan penyedia blog gratisan antara lain blogger.com, wordpress.com, dan multiply.com.

ISTILAH-ISTILAH DALAM BLOG

  • Blogging : adalah sebuah aktivitas untuk memperbaharui/update blog yang kita miliki yaitu menambah postingan/artikel pada blog tersebut. Update blog 
  • Blogger : Sebutan bagi orang memiliki blog atau membuat blog
  • Blog Walking : salah satu cara untuk meningkatkan jumlah kunjungan di blog kita, yaitu dengan bersilaturahmi / berkunjung ke blog lain.
  • Link Exchange / Tukaran Link : ini juga salah satu teknik untuk meningkatkan jumlah kunjungan di blog kita, yaitu menukarkan link blog kita ke blog lain.
APA SIH UNTUNGNYA PUNYA BLOG???

Sebenarnya pertama kali saya mengenal tentang blog dan memiliki/membuat sebuah blog sekitar tahun 2005-2006 (saya juga sudah lupa), kebetulan salah seorang teman saya memberi saya sebuah buku tentang blog. So... saya belajar membuat blog dari buku tersebut. Karena saya kurang begitu paham keuntungan dari blogging dan juga pada masa itu akses internet bagi saya masih cukup sulit untuk rutin mengupdate blog tersebut maka blog saya terbengkalai sudah. 

Barulah tahun 2011 ini, saya serius merambah dunia blogging ini. Ternyata saya ketagihan setelah mengetahui manfaat lebihnya antara lain :
  • Blog sebagai tempat untuk menyalurkan ide dan hobi menulis
  • Blog sebagai tempat untuk membagi ilmu dan pengalaman hidup yang di miliki
  • Blog sebagai media promosi misalnya untuk buku, MLM yang saya ikuti, dsb
  • Dengan blog saya bisa menghasilkan uang
  • Setelah aktif nge-blog teman saya bertambah, dengan bergabungnya saya di komunitas-komunitas blogger seperti bloggernusantara, angingmamiri (komunitas blogger makassar), Kompasiana, komunitas blogger indonesia, community blogger of indonesia, dan Indonesia Blogger Network.
  • Dengan bertambahnya teman otomatis ilmu saya bertambah karena kita sering sharing/berbagi ilmu dengan mereka.
  • Dengan memiliki blog prbadi orang-orang bisa lebih jauh mengenal kita 
Wow... ternyata banyak banget ya manfaatnya 

So.. teman-teman yang belum punya blog. Ayo buruan buat blog kalian sendiri...

Penasaran gimana caranya 

Tunggu artikel saya selanjutnya di Tutorial Blog.





0 comments

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam